GURU SEBAGAI ROLE MODEL INDIVIDU BERKARAKTER BAGI PESERTA DIDIK UNTUK MENDUKUNG KEBERHASILAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER

Uluul Khakiim

Abstract


Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan pentingnya peran guru sebagai role model bagi peserta didik terkait dengan kepribadian yang berkarakter untuk membantu membangun karakter peserta didik. Berdasarkan hasil kajian studi pustaka diketahui bahwa saat ini setiap jenjang sekolah gencar sekali melaksanakan pendidikan karakter, dikarenakan saat ini banyak terjadi fenomena yang menunjukkan adanya kemerosotan nilai-nilai karakter dikalangan peserta didik seperti banyaknya bullying, tawuran dan hilangnya rasa hormat terhadap orang lain. Pendidikan karakter dapat dilaksanakan melalui program yang ada di sekolah, seperti pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran serta pelaksanaan pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler. Unsur lain yang kurang diperhatikan namun juga tak kalah penting yaitu adanya peran guru. Dalam hal ini, peran guru bukan hanya sekedar mendidik peserta didik sesuai dengan tuntutan kurikulum saja, tetapi juga secara pribadi memberikan contoh kepada peserta didik dengan menjadi role model individu berkarakter. Guru yang menjadi role model akan mampu menunjukkan sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai dan norma dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat dilihat dan ditiru oleh peserta didik. Hal ini dapat mempengaruhi perkembangan karakter dalam diri peserta didik karena pada dasarnya manusia lebih mudah meniru, sehingga peranan guru sebagai role model individu berkarakter akan mendukung program pendidikan karakter dan membantu peserta didik untuk memiliki kepribadian yang berkarakter baik.
Kata Kunci:
guru sebagai role model individu berkarakter, peserta didik, pendidikan karakter


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.