PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENDIDIKAN IPS MODEL PEMBELAJARAN THINKING GLOBALLY ACTING LOCALLY

Jihan Filisyamala

Abstract


Abstrak: Pentingnya pembentukan karakter pada tingkat sekolah dasar didasarkan pada tujuan pendidikan nasional dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Undang-Undang tersebut mengandung maksud bahwa selain membentuk siswa yang cerdas, pendidikan juga perlu membentuk siswa yang berkarakter. Seiring dengan usaha mencapai tujuan pendidikan nasional tersebut perlu penanaman nilai karakter pada siswa sekolah dasar melalui suatu proses pembelajaran, salah satunya melalui pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang inovatif yaitu dengan menerapkan Model pembelajaran Thinking Globally Acting Locally yaitu model pembelajaran yang di dalamnya mengajarkan siswa untuk mampu menghadapi arus globalisasi secara bijak melalui penanaman nilai karakter dan budaya. Hal ini dikarenakan pendidikan IPS bertujuan untuk menjadikan siswa warga negara yang baik, diantaranya siswa dapat bijak dalam menghadapi arus global yang saat ini berkembang sangat pesat. Melalui model pembelajaran Thinking Globally Acting Locally siswa diajak untuk berfikir secara luas mengenai isu-isu global yang telah terjadi maupun sedang terjadi dan berusaha menanggapi isu global tersebut dengan cara bertindak berbasis budaya lokal. Model pembelajaran Thinking Globally Acting Locally ini memberikan dasar pada siswa sekolah dasar nantinya untuk mampu menempatkan diri dan bangsa kita setara dengan bangsa-bangsa lainnya di dunia dengan tetap memiliki karakter dan budaya bangsa Indonesia.

Kata Kunci: karakter, siswa sekolah dasar, pendidikan IPS, model pembelajaran thingking globally acting locally.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.