KESALAHAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PECAHAN
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesalahan siswa kelas V dalam menyelesaikan masalah pecahan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan wawancara. Subjek penelitian berjumlah 6 dari 51 siswa kelas V-B dan V-D SDNP 2 Malang. Hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah pecahan diantaranya : (1) kesalahan tidak dapat menunjukkan pembilang dan penyebut pecahan; (2) kesalahan hanya berfokus pada salah satu komponen soal yang dipaparkan. Kesalahan kedua terbagi atas : (a) tipe I, kesalahan merepresentasikan gambar karena tidak sesuai dengan soal; (b) tipe II, kesalahan menentukan bentuk utuh pecahan; (c) tipe III, kesalahan tidak dapat menghubungkan konsep pecahan sebagai bagian keseluruhan.
Kata Kunci : pecahan, menyelesaikan masalah pecahan, kesalahan dalam menyelesaikan masalah pecahan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.